phone: +420 776 223 443
e-mail: support@londoncreative.co.uk

Objek Wisata di Inhil

Air Terjun Dan Panorama Alam Di Kemuning


Kecamatan  Kemuning merupakan kecamatan terluar daerah daratan kabupaten Indragiri  hilir yang berada pada bagian selatan dan merupakan satu satunya daerah berkontur relatif tinggi di kabupaten ini.

Selensen adalah ibukota kecamatannya yang berbatasan langsing dengan Provinsi Jambi dan Kabupaten Indragiri Hulu.
daerah ini merupakan alur transportasi Lintas Timur yang menghubungkan pulau Sumatra dan pulau Jawa sehingga berbagai sukuhan atraksi wisata sangat diminati dan selalu ramai untuk dikunjungi seperti air terjun Selensen salak, Air terjun Tembulon Rusa dan Panorama bukit Berbunga di desa batu Ampar serta air terjun Bukit 86 didesa Keritang.
Keberadaan alam yang masih alami membuat suasana begitu indah dan nyaman bagi para pengunjungnya, khususnya bagi penggemar olah raga Extrem, bukit Berbunga dan Kawasan Air Terjun Tembulon Rusa jawabannya.
Bagi pengunjung yang ingin bermalam atau menginap di Selensen terdapat shelter yang dinamakan pesanggrahan yang berada diatas bukit dengan panorama yang indah dan terlihat langsung pasar rakyat Selensen dengan rutinitasnya yang masih alami.
Disamping keindahan alam yang memikat, daerah ini sangat terkenal akan buah buahannya seperti buah durian dan duku dengan rasa yang khas yang selalu diminati dari berbagai penjuru di Indonesia.
Untuk dapat berwisata disini, pengunjung dapat menggunakan alat transportasi darat dengan jarak tempuh lebih kurang 3 jam dari kota Tembilahan, 3 jam dari kota Jambi, dan dari kota Rengat lebih kurang 2 jam

Makan Syech H. Abdurrahman Siddiq Al-Banjari Di Kuindra




.

Terletak di Hidayat kecamatan Kuala Indragiri dan hanya memakan waktu perjalanan lebih kurang 15 menit dari kota Tembilahan dengan menggunakan speedboat. Tuan guru Syech Abdurrahman Siddiq semasa hidupnya adalah sebagai penasehat kerajaan Indragiri pada akhir abad ke 19 dan beliau wafat pada tahun 1939 dan dimakamkan di Hidayat-Sapat.

Semasa hidupnya tuan guru yang dikenal dengan gelar "Al-Banjari" adalah salah satu tokoh sentral penyebar agama Islam yang mempunyai Kharismatik setingkat dengan Wali.
Tuan Guru memiliki banyak murid yang berasal dari luar negeri dan daerah misalnya Malaka, Kalimantan, Jambi, Bangka Belitung, dan lainnya, sehlingga sampai saat ini makam beliau selalu di ziarahi oleh pengunjung yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia bahkan dari luar negeri.
 Selain ulama besar, beliau juga dikenal sebagai sastrawan yang handal, salah satu syair karyanya yang sering dipakai sebagai media dakwah sampai sekarang adalah "Syair Ibarat Kabar Kiamat"

Pantai Solop Di Mandah




Pantai berpasir putih yang merupakan pasir dari fosil hewan laut seperti kerang kerangan dan sejenisnya yang dikenal dengan nama pasir sirsak.

Melalui proses yang panjang dan diakibatkan dari hempasan gelombang pasang membuat pasir sirsak tersebut terhampar disepanjang pantai solop sehingga pantai ini begitu indah dan memiliki keunikan tersendiri yang tidak didapat dipantai pantai yang ada didaerah lainnya.
Pantai solop terletak didesa Pulau Cawan kecamatan Mandah dan dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi sungai dan laut, karena pantai solop terletak dipantai bagian timur pulau sumatra yang merupakan alur transportasi utama yang menghubungkan kota Tembilahan dengan kota kota yang ada di di Provinsi Kepulauan Riau seperti Tanjung balai karimun, Tanjung batu, Batam dan Tanjung Pinang bahkan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.
Jarak termpuh dari kota Tembilahan lebih kurang 60 menit, dari khairiah mandah dan concong luar lebih kurang 30 menit dengan menggunakan speedboat.
Karena pantai solop merupakan daerah unggulan pengembangan kawasan wisata Provinsi Riau maka pembangunan dan pengembangan kawasan ini terus dilakukan untuk memenuhi segala fasilitas wisata yang akan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pengunjungnya.



Menongkah, Semah Laut Dan Cap Gomeh Di Concong




Setelah menikmati keindahan Pantai Solop para wisatawan dapat meneruskan perjalanan wisatanya di Concong luar kecamatan Concong.

Berbagai atraksi bahari dapat dinikmati disini seperti Menongkah yaitu aktivitas penduduk siku doanu untuk mengambil kerang dipantai lumpur dengan menggunakan sekeping papan yang telah dibantuk sedemikian rupa dan menggunakan sebelah kaki sebagai pendorong sehingga papan tongkah tersebut dapat meluncur dengan cepat diatas permukaan lumpur.
Selain menongkah kerang, masyarakat nelayan concong luar setiap tahunnya juga melaksanakan acara semah laut, acara ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas kelimpahan rezeki yang telah diberikan.
Selain itu concong luar oleh masyarakat tionghoa setempat, Singapura dan Malaysia dijadikan tempat kegiatan Cap Go Meh pada setiap perayaan IMLEK.
Ramainya pengunjung dan berbagai atraksi bahari dan budaya yang dapat dinikmati disini, Concong luar juga sangat dikenal dengan wisata kulinernya karena berbagai hasil tangkapan laut dapat dinikmati disini dengan harga yang murah.
Untuk dapat menikmati setiap pertunjukan, pengunjung dapat berkunjung kesana menggunakan speedboat dengan waktu perjalanan lebih kurang 60 menit dari Kota Tembilahan
.

Pacu Sampan Indragiri Di Tempuling




Jembatan Indragiri sangat dikenal keberadaannya di Provinsi Riau, Terletak di sungai indragiri desa Rumbai Jaya Kecamatan Tempuling.

Jembatan ini merupakan satu satunya pintu gerbang yang menghubungkan kota Tembilahan dengan daerah daratan yang ada di Provinsi Riau. Oleh pemerintah daerah dan masyarakat pada setiap tahunnya dibawah jembatan tersebut dilaksanakan Event wisata pacu sampan Indragiri, peserta yang hadir dari berbagai pelosok daerah bahkan sampai dengan daerah daerah Provinsi tetangga.
Disamping memperebutkan berbagai macam hadiah selama acara ini berlangsung berbagai atraksi disajikan disini baik siang hari maupun malam harinya untuk memanjakan selera pengunjung.
Untuk menyaksikan perlombaan Pacu Sampan Indragiri ini dapat ditempuh dengan alat Transportasi darat dari Kota Tembilahan dengan waktu tempuh lebih kurang 30 menit dan dari bandara tempuling lebih kurang 10 menit
.

Sumber :

0 komentar:

Total Kunjungan Pembaca